Halaman


Entri Populer

Selasa, 18 November 2014

CARA MEMBUAT WEBSITE SEDERHANA

CARA MEMBUAT WEBSITE SEDERHANA

 
Pada hari ini saya akan share tutorial menarik, tutorial yang akan saya bagikan kali ini adalah Tutorial Cara Membuat Website Sederhana Dengan Notepad mungkin bagi kalian para blogger sudah sedikit memahami kode2 atau script HtmlHTML adalah sebuah bahasa pemrograman. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya.

Membuat halaman website sebenarnya gampang2 susah. Bahkan kalian hanya perlu sebuah software seperti notepad. Saya ingin mengajak kalian semua mengenal kode HTML dengan memulai dari hal yang sangat sederhana. Berikut cara mudah membuat halaman Web dengan Notepad.
Jika anda pemula/newbie, anggap ini latihan sederhana untuk menjadi webmaster hehe.:D. OK gak usah basa-basi lagi deh kita langsung aja kita ke TKP.

Langkah Pertama

Buka Notepad, kemudian copy paste script di bawah ini

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar menulis dengan HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<H1>Selamat Datang</H1>
<HR>
<P>Ini adalah halaman web pertama saya!!!</P>
<HR>
</BODY>
</HTML>


Jika sudah, simpan itu di folder yang kalian inginkan dengan pilihan :
      File Namecontoh.html
      Save as typeAll files
Buka File yang telah kalian simpan tadi maka akan tampil seperti gambar berikut

Cara Membuat Website Sederhana Dengan Notepad

Untuk menulis paragraf – paragraf  kalian, awali selalu dengan tag dan tutup.
 Jika Anda ingin meng-editnya, cukup klik kanan pada file html yang telah anda buat, klik open with, pilih Notepad. Sebagai bahan untuk belajar buat  kalian, Masih pada halaman ini, silahkan ketik CTRL+U – jika  kalian menggunakan Mozila FireFox, atau pilih view kemudian Source- jika  kalian menggunakan IE. maka akan tampil kode2 halaman tersebut.

Langka Kedua (Cara membuat Link atau Navigasi)


Edit dengan Notepad file contoh.html kemudian tambahkan script berikut :


<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar menulis HTML</TITLE>
<BODY>
<H1>Selamat Datang</H1>
<HR>
<p><a href=”contoh.html”>Home</a>|<a href=”contoh2.html”>Halaman 2</a>|<a href=”contoh3.html”>Halaman 3</a></p>
<HR>
<p>Ini adalah paragraf pertama dari halaman homepage. Belajar HTML itu sangatlah mudah tidak perlu pake kursus...</p>
</BODY>
</HTML>


Jika sudah langsung aja klik SAVE, Masih pada jendela Notepad yang sama, ubah paragraf  kalian dengan kalimat yang kalian buat sendiri, kemudian SAVE AS sebagai contoh2.html. Jangan ditutup dulu, ubah lagi paragraf kalian untuk menandakan itu halaman ke-tiga dengan kalimat kalian sendiri, kemudian SAVE AS sebagai contoh3.html.
Sekarang coba kalian buka salah satu file HTML kalian kemudian coba klik pada navigasi / link yang baru kalian buat. Jika link kalian bekerja, SELAMAT kalian SUKSES


Cara Membuat Website Sederhana Dengan Notepad

Langkah terakhir apabila kalian ingin website kalian masuk ke dalam dunia maya atau internet, upload file html yang telah kalian buat tadi ke web hosting contohnya seperti idhostinger.com. Mengenai tutorial cara mengupload file ke web hosting akan saya share lain waktu di blog ini
OK, sekian dulu Artikel Tutorial Cara Membuat Website Sederhana Dengan Notepad, nantikan tutorial menarik lainnya di blog ini. Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah. Termakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar